Perintah Masukkan dan Keluaran dalam Pemrograman Dasar

INPUT DAN OUTPUT

Artikel ini akan membahas tentang Perintah Keluaran dan Masukkan yang ada pada Program dalam Bahasa C atau C++. Dalam membuat Program, kita harus memahami sebuah perintah sehingga program yang di buat akan interaktif yaitu dapat melibatkan pengguna dalam memasukkan data serta dapat menampilkan informasi. Disini, saya juga akan membahas tentang Fungsi Manipulator yang digunakan untuk merapikan tampilan dan Fungsi Matematika dalam membuat Aplikasi Matematika, serta Fungsi String yang berguna untuk melakukan permintaan data berupa String. Oke, mari kita bahas satu persatu berikut dibawah ini.

  1. Perintah Keluaran
    Perbedaan Perintah Keluaran dalam Bahasa C dan C++ yaitu jika kita menggunakan Bahasa C, yang digunakan adalah fungsi printf dan dalam Bahasa C++ menggunakan fungsi cout.
    Contoh :
    Bahasa C       :  printf("Selamat Datang", &nama);
    Bahasa C++   : cout<<"Selamat Datang<<nama;

  2. Perintah Masukkan
    Perintah Masukkan cin digunakan dalam Bahasa C++ dan fungsi scanf dalam Bahasa C yang digunakan untuk menginput suatu nilai dari suatu piranti masukan (keyboard) untuk selanjutnya di proses oleh program. Perintah Masukkan akan memproses input dari keyboard sekali saja dan tombol ENTER harus ditekan.
    Contoh :
    Bahasa C      : scanf("%s", &nama);
    Bahasa C++ : cout>>nama;

  3. Fungsi Manipulator
    Manipulator pada umumnya digunakan untuk mengatur tampilan layar. Untuk menggunakan manipulator, file header yang harus disertakan yaitu include<iomanip.h>. Ada beberapa Fungsi manipulator yang disediakan oleh C++ antara lain.
    Fungsi Kegunaan Fungsi Jenis Manipulator
    dec 
    Mengubah data numerik ke dalam desimal
    Input & Output
    endl Output sebuah karakter baris baru dan flush streamnya Output
    end Output sebuah null Output
    fflush Mengirim data langsung ke standard OutputOutput 
    hex Mengubah data numerik ke dalam bentuk heksadesimal Input & Output
    od Mengubah data numerik ke dalam bentuk oktal Input & Output
    setiosflag(long a) Mematikan fungsi flags yang di spesifikasikan dalam a Input & Output
    setbase(int a) Memformat data ke basis a Output
    setfill(char) Mengatur karakter pemenuh Output
    setprecision(int a) Menetapkan presisi bilangan pecahan sebanyak n digit Output
    setw(int a) Menetapkan lebar tampilan di layar sebesar a  Output
    WS Skip leading whitespace Input

    Pada Manipulator setiosflag() yang merupakan manipulator yang dapat dipakai untuk mengontrol sejumlah tanda format yang tercantum dalam tabel berikut ini.
    Tanda Format
    Kegunaan Fungsi
    ios::left
    Menyetel rata kiri terhadap lebar field yang diatur melalui setw()
    ios::right
    Menyetel rata kanan terhadap lebar field yang diatur melalui setw()
    ios::scientific 
    Memformat keluaran dalam notasi eksponensial
    ios::fixed
    Memformat keluaran dalam bentuk notasi desimal
    ios::dec
    Memformat keluaran dalam basis 10 (desimal)
    ios::oct
    Memformat keluaran basis 8 (oktal)
    ios::hex
    Memformat huruf dalam basis 16 (heksadesimal)
    ios::uppercase
    Memformat huruf pada notasi heksadesimal dalam bentuk huruf kapital
    ios::showbase
    Menampilkan awalan 0x untuk bilangan heksadesimal atau 0 (nol) untuk bilangan oktal
    ios::showpoint
    Menampilkan titik desimal pada bilangan pecahan yang tidak memiliki bagian pecahan
    ios::showpos
    Untuk menampilkan tanda + pada bilangan positif

  4. Fungsi Matematika
    Dalam perhitungan rumus matematika atau fisika sering dijumpai perhitungan yang menggunakan sinus, cosinus dan lainnya. Untuk melakukan perhitungan tersebut bahasa C sudah menyediakan beberapa fungsi bawaan. File Header yang digunakan untuk perhitungan matematika adalah include<math.h>Beberapa contoh fungsi matematika diantaranya :

    Fungsi Kegunaan Fungsi Bentuk Umum
    pow() 
    Mencari nilai kuadrat nmpow(n, m)
    variabel=pow(n, m);
    abs() Memperoleh nilai absolut (mutlak) dari argumen x int abs(int x);
    acos() Memperoleh nilai arc cosinus acos(variabel)
    asin() Memperoleh nilai arc sinusacos(variabel)
    atan() Memperoleh nilai arc tangen atan(variabel)
    cos() Memperoleh nilai arc cos cos(variabel)
    sin() Memperoleh nilai arc sin sin(variabel)
    tan() Memperoleh nilai arc tan tan(variabel)
    rand() Menghasilkan bilangan bulat acak antara 0 - nilai RAND_MAX yang didefinisikan pada header stdlib.h int rand(void)
    random() Menghasilkan bilangan bulat acak yang terletak antara 0 sampai dengan x-1 int random(int x)
    sqrt() Menghasilkan akar dari x sqrt(variabel)

  5. Fungsi String
    Di samping variabel untuk menyimpan data bilangan, setiap Bahasa Pemrograman juga mengenal variabel String. String berarti deretan karakter. Sebuah String dapat mengandung sebuah karakter atau banyak mengandung karakter. Konstanta String ditulis dengan awalan dan akhiran tanda petik.
    Fungsi String biasa digunakan untuk melakukan proses manipulasi data-data String/Kalimat. Dalam penggunaan fungsi String, File Header yang harus dipasang adalah include<string.h>. Dalam membuatnya, sebuah variabel harus sudah terisi dengan data yang bertipe String. Dapat dimasukkan langsung di dalam kode program atau ketika program dijalankan. Beberapa Fungsi String yaitu berikut ini :
    Fungsi Kegunaan Fungsi Bentuk Umum
    strcat() 
    Menggabungkan beberapa kata.
    strcat(variable1, variabel2);
    strcpy() Menyalin isi data yang bertipe String. strcpy(variabel2, variabel1);
    strlen() Memindahkan/menyalin data dengan syarat tipe data dan besar karakternya harus sama. strlen(variabel)
    strrev() Membalikkan String/karakter yang masuk. ABC maka Outputnya CBAstrrev(variabel)
    strlwr() Mengubah huruf kapital pada String menjadi huruf kecil. strlwr(variabel)
    strupr() Kebalikan dari fungsi strlwr() yaitu mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital. strupr(variabel)

Demikian postingan saya kali ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf, dan jika belum paham atau ingin bertanya berikanlah komentar dibawah. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Contoh Sederhana tentang Stack dan Queue

Permainan Logika tentang Algoritma

Cara Menyisipkan Tanggal (JCalender) di Java NetBeans dan di Simpan dalam Database