Cara Menyisipkan Multimedia (Video, Audio, dan lainnya) di HTML

MULTIMEDIA DI HTML

Untuk artikel sebelumnya Cara Menyisipkan Video Youtube dengan HTML yang pasti harus ter koneksi dengan Internet, karena jika tidak ter koneksi maka video Youtube yang disisipkan tersebut tidak akan tampil. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kita bisa menyisipkan Video bahkan Audio atau Media lainnya dalam HTML tanpa koneksi Internet dengan menggunakan Media yang telah kita download dan tersimpan di perangkat kita. Dengan syarat kita harus tahu direktori tempat penyimpanan Media yang akan disisipkan. Contohnya seperti C:\Users\Public\Videos\Sample Videos/File.mp4Tag yang digunakan pun juga berbeda-beda. Berikut Firman memberikan beberapa contoh penggunaannya dalam HTML. Namun untuk Hasil Output nya kalian bisa mencoba sendiri ya☺️...
  1. Tag Video
    Tag <video> menentukan jenis video, seperti klip film atau jenis lainnya. URL video di sisipkan di dalam atribut src.
    Kode HTML :

    <video width="500" src="direktori penyimpanan video"> </video>

    1. Video AutoPlay
      Video akan diputar dengan otomatis ketika atribut autoplay bernilai true.

      <video width="500" autoplay="true" src="direktori penyimpanan video"> </video>

    2. Mengaktifkan Kontrol Video
      Saat atribut controls ada, maka Kontrol Video akan ditampilkan.

      <video width="500" controls autoplay="false" src="direktori penyimpanan video"> </video>

    3. Membisukan Video
      Untuk membisukan Video saat ditampilkan, maka kita harus menggunakan atribut muted. Atribut muted adalah jenis atribut boolean, yang berarti ketika atribut muted bernilai true , maka suara Video akan di bisukan.

      <video width="500" muted="true" controls autoplay="true" src="direktori penyimpanan video"> </video>

    4. Putar Ulang Video
      Video akan diputar ulang dengan menggunakan atribut loop.

      <video width="500" loop controls autoplay="true" src="direktori penyimpanan video"> </video>

  2. Tag Embed
    Tag <embed> mendefinisikan sebagai penampung untuk aplikasi eksternal atau konten interaktif (plug-in).
    Kode HTML :

    <embed src="direktori penyimpanan video">

  3. Tag Audio
    Tag <audio> digunakan untuk menyisipkan suara seperti musik, atau aliran Audio lainnya. URL audio didalam atribut src.
    Kode HTML :

    <audio src="direktori penyimpanan audio"></audio>

    1. Audio AutoPlay
      Saat menggunakan atribut autoplay yang bernilai true, maka Audio akan diputar secara otomatis.

      <audio autoplay="true" src="direktori penyimpanan video"></audio>

    2. Putar Ulang Audio
      Audio akan diputar ulang saat atribut loop diatur dengan  nilai sebagai true.

      <audio loop="true" autoplay="true" src="direktori penyimpanan video"></audio>

  4. Tag Object
    Tag <object> mendefinisikan objek yang disematkan di dalam HTML. Kita bisa menggunakan Tag ini untuk menyematkan Multimedia seperti, Audio, Video, PDF, Flash dan lainnya di halaman Web kita. Contoh disini Firman menggunakan file swf.

    <object width="100%" data="file.swf" type="application/x-shockwave-flash"></object>

Demikian postingan saya kali ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf, dan jika belum paham atau ingin bertanya berikanlah komentar dibawah. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima Kasih.

Comments

Ardila Yunita said…
Hallo kak. Terimakasih ya kak artikel nya bagus mudah dipahami bagi saya yang baru belajar tentang HTML. Artikel nya juga sangat membantu dalan memenuhi tugas kuliah saya kak. Semoga dapat memberikan artikel yang bermanfaat lainnya ya kak. Terimakasih kak sukses selalu . Perkenalkan Saya Ardila Yunita, NIM 1922500096, link kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/
Fadhiel said…
Terimakasih kak sudah membuat artikel yang bermanfaat ini. Dengan adanya artikel ini membantu saya untuk mempelajari bagaimana cara memuat file multimedia di web. Nanti akan saya aplikasikan pada web yang akan saya buat. Terus berkarya ya kak. Perkenalkan nama saya Fadhiel Adha ayo kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/
gusti dinda said…
Terimakasih kak atas ilmunya sangat bermanfaat dalam mengerjakan tugas saya, sukses terus dalam berkarya, tetap semangat dalam membagi ilmunya kak, perkenal kan nim saya 1922500129, nama saya gusti dinda permata dari kelompok SI2J, link website saya http://www.atmaluhur.ac.id . terimakasih kak
Wah terimaksih banyak kak, setelah baca dan coba artikel dari web ini saya jadi bisa menambahkan file ke dalam web. Terimakasih atas bantuan dari kakak dan artikel kakak. Semoga sehat terus biar bisa buat artikel bermanfaat seperti ini lagi.
Perkenalkan nama saya Steven Teddy Firmansyah, 1922500079, SI2K
Jangan lupa berkunjung ke situs kampus kami kak
https://www.atmaluhur.ac.id/

Popular posts from this blog

Pengertian dan Contoh Sederhana tentang Stack dan Queue

Permainan Logika tentang Algoritma

Cara Menyisipkan Tanggal (JCalender) di Java NetBeans dan di Simpan dalam Database